TIPS JASTIP THAILAND UNTUK PEMULA




Hai semuanya...
kali ini gw mau share tentang JASTIP . Usaha yang sebenernya udah marak dari kapan tau,hanya saja berasa booming bgt saat ini itu mampu menghasilkan pundi-pundi uang yang gak sedikit.

Beberapa hari ini,gw baru balik dari Bangkok dan banyak sekali disekeliling gw,orang indonesia yang sepertinya memang buka usaha JASTIP ini...
dan kebetulan kali ini gw berangkat ke Bangkok,bareng senior gw waktu jaman masih kerja,dan beliau udah hatam bgt di dunia perJASTIPAN.
selama di Bangkok,gw banyak nanya dan merhatiin senior gw pas lagi belanja di PLATINUM atau PRATUNAM MARKET dan beruntungnya beliau gak pelit ilmu..

persiapan yang harus kalian lakukan saat hendak berangkat jastip ke BANGKOK adalah :

  1. post di STORY INSTAGRAM atau FACEBOOK atau apapun media sosial kalian,kalo lo buka open JASTIP,catat pesanan orang2 dibuku kecil.
  2. kalo urusannya murni berangkat ke Luarnegri HANYA untuk JASTIP ,lebih baik cari hotel dan tiket pesawat yg tidak terlalu mahal (untuk meminimalisir pengeluaran ),kecuali kalo kalian memang berniat sambil liburan/honeymoon,dan jastip hanya iseng atau nyari tambahan yaa bolehlah pakai yg super mahal ya kan ahhahaha
  3. jangan bawa pakaian terlalu banyak,percaya gak percaya di bangkok itu pasti kalian pengen beli baju,karena disana itu lucu dan murah.Jadi menghemat juga space kopermu.Tapi tergantung kebutuhan,seperti kalo misalnya kalan ke negara tropis gak mungkin kalian bawa jaket tebel yakan???,begitupun sebaliknya.. tapi karena kita ngomonginnya BANGKOK dan kita tau Bangkok itu lumayan panas,so mending bawa baju yg simpel seperti celana dan kaos,jadi km leluasa gerak kesana kemari.
  4. Koper , 1 koper ukuran bagasi satu ukuran kabin pesawat (jadi kamu bisa bawa koper yang ukuran kabin pesawat ini kemana-mana pas kamu lagi hunting barang-barang jastip)
  5. tas kecil (yang bisa kamu bawa untuk uang,passport dan hp)
  6. sepatu ,gw sarankan lebih baik pakai sepatu olahraga ketibang sendal flatshoes,karna kelamaan jalan sana-sini kaki kamu cepet pegal dan sakit kalo terlalu lama pakai flatshoes,dan baca juga bahayanya pakai flatshoes terlalu lama
  7. Uang,menurutku kalo memang gak mau ribet nukerin uang dll di bangkok,ya mending km tuker uang di money changer indonesia,tapi klo emang gak sempet atau lupa nuker uang,jangan khawatir,sesampainya di THAILAND,mesin ATM itu seliweran dimana-mana,dan lo bisa widthraw uang dengan pecahan 500,1000,2000,3000,5000 dan 10000,dan biaya potongan bank hanya Rp.25.000
  8. Download aplikasi GRAB dan ONGKIR,App GRAB ini perlu karena lumayan murah ketibang bayar taxi yg selalu nembak mahal,belom lagi macet,atau tuk-tuk yg harganya gak karuan,grab ini beneran membantu.dabn app ONGKIR kalian perlu disaan ada orang yg tiba2 mau beli barang kalian (kalian bisa scroll down dan bca tips no. 10 dan 11)

TIPS sesampainya di BANGKOK

  1. SESAMPAINYA di BANGKOK untuk mempermudah komunikasi dengan BUYER adalah BELI KARTU SIMCARD (kalian bisa beli di dekat pengambilan koper bagasi di DON MUEANG AIRPORT,harganya untuk kartu unlimited selama 7 hari itu 170 Baht atau sekitar 85ribu,lebih murah ketibang beli paket roaming)
  2. Untuk pergi ke Hotel , kalian bisa pakai BUS, memang agak lama,tp murah hahaha sekitar 50 baht atau 25 ribu rupiah,atau lagi pakai GRAB
  3. sesampainya di hotel kalau kalian mau cabut langsung hunting barang,kalian bisa langsung check-in di hotel,kalau kamar kalan belum ready,hampir disemuahotel menyediakan layanan titip tas.
  4. bawa tas selempang (ingat buku catatan pesanan,UANG dan PASSPORT harus kudu mesti dibawa ) dan koper kabin (berguna buat simpen2 barang jadi gak usah berat2 di jingjing,tinggal geret dorong kemana-mana,atas kalau mau kalian bisa beli atau bawa trolley belanja semacam ini,kalau beli sekitar 300 baht atau sekitar 150 ribu rupiah,ini lebih enak lagi,karena kalo kalian beli barang,gak usah repot2 buka resleting koper,tinggal masukin aja dari atas hehe
  5. pakai kaos dan celana pendek,karena panas biar enak aja.
  6. waktu kalian pergi ke PRATUNAM,kalian nemu sesuatu yg ingin kalian beli coba cari dulu di toko lain,bisa jadi harganya berbeda. Lain dengan PRATUNAM yg lebih seperti pasar di PLATINUM tempatnya lebih rapih hampir seperti mall ITC,kalau kalian liat sesuatu yg ingin dibeli ya langsung beli aja karena harga disana pasti sama.
  7. waktu pedagang kasih harga kalian tawar 50% dari harga,tapi kalo gak kasih ,gak usah sok-sok an pergi berharap dikejar seperti di Indonesia...itu gak akan trjadi ,jadi kalo kalian suka,ya kalian beli.
  8. untuk membandingan harga itu mudah, kalo baju dijual harga 100 baht berasa kalo dirupiahkan baju itu sekitar 50ribuan, pokonya tinggal dibagi 2. jadi akhirnya kalian tinggal pikir2 deh berapa kira2 harga yang bakalan kalian kasih ke pembeli.
  9. dan ada lagi tips berjualan selain mencarikan pesanan oranglain,kalian pun bisa foto baju-baju,celana,skincare,suplement apapun yg kalian fikir berpotensi ada yang beli ,kalian cukup foto dan upload poto barang tersebut di feeds atau pun story instagram atau facebook kalian.jangan lupa tulis no unit,nama toko dan lantainya atau kalian bisa foto toko tersebut (tapi ingat harga dan lokasi tokonya gak perlu diupload juga ya haha),so nanti kalo ada yang minat beli kalian tinggal balik lagi ke toko tersebut dan beli barang tersebut..
  10. DAN TERAKHIR PERLU DI INGAT ,,   "JANGAN DIBELIKAN BARANG2 TERSEBUT SEBELUM SI PEMBELI TRANSFER UANGNYA"  UANG DULU BARU BARANG,,JANGAN MAU RUGI
  11. oh ya 1 lagi jangan lupa disaat kalian menambahkan harga,pastikan kalian sudah menambahkan ONGKOS KIRIM, kalian bisa iat di aplikasi ONGKIR ,bisa kalian download di app store/play store
gampang kan,disana orang-orangnya ramah asal jangan megang rambut palsu yang dijual disana aja,pedagangnya sensian,beda sama pedagang baju..ahhaha

mungkin segitu dulu tipsnya..
next gw bakal kasih tau cara packing barang yang aman dari petugas bea cukai..

thanks udah baca blog gw,i love you
kalo ada kritik,saran dan pertanyaan jangan malu2 buat bertanya,kita belajar dan bertukar pikiran bersama......

see you soon 

Comments

  1. How to watch the video in English - YouTube
    Here's the audio pronunciation for “the clip youtube to mp4 from the BBC”, the BBC website for the world's biggest channel, The Sunday Times, for all ages.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 👍🏾👍🏾👍🏾👍🏾👍🏾👍🏾👍🏾👍🏾👍🏾👍🏾👍🏾👍🏾👍🏾👍🏾👍🏾

      Delete

Post a Comment

Popular Posts